001 – Fatwa Penentuan Waktu Puasa Arofah dan Idul Adha

  • Version
  • Download 126
  • File Size 930.88 KB
  • Create Date 31 October 2019

[ BACA ONLINE ]


Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad melalui Fatwa ini juga menghimbau segenap kaum muslimin di Indonesia yang tidak memiliki udzur untuk melaksanakan puasa sunnah Arofah mengingat pahala besar yang dijanjikan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dan melaksanakan perayaan Idul Adha berdasarkan keputusan ru’yatul hilal Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kami juga mendorong pemerintah dalam hal ini kementrian agama Republik Indonesia, agar terus menyempurnakan penyelenggaraan ru’yatul hilal, karena keputusan dari hasil ru’yatul hilal tersebut akan dijadikan pijakan oleh segenap kaum muslimin dalam beribadah.

Meski demikian, kami juga menyadari bahwa permasalahan ini adalah permasalahan khilafiyah diantara ulama, maka sangatlah tidak pantas untuk dijadikan ajang saling memaksakan pendapat, apalagi menuding dengan tuduhan kesalahan manhaj atau kesalahan aqidah dan sebagainya.

Semoga Allah mempersatukan kita di atas ukhuwwah Islamiyah yang selalu berusaha untuk dikoyak oleh Syaitan dan para pengikutnya. Hendaknya kita beradab dengan adab para ulama dalam permasalahan khilafiyah, dan hendaknya kita mengenal prinsip ulama salaf dalam menyikapi permasalahan khilafiyah. Jangan sampai kita mengaku ahlus sunnah tapi justru tidak tahu sikap ahlus sunnah dalam permasalahan khilafiyah.