Latar Belakang Berdiri

Dengan maraknya dakwah ahlussunah wal jama’ah yang semakin besar dan berkembang di bumi Indonesia, banyak para da’i salafiyyin yang tersebar dimana-mana. Dakwah ini mulai berkembang pada akhir tahun 1980-an atau awal 1990-an. Seiring dengan perkembangan ini tentunya muncullah da’i-da’i bergelar doktor lulusan Universitas Madinah dan universitas lainnya. Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dengan tumbuh pesatnya para da’i ini, dengan pertumbuhan yang semakin pesat inilah akan muncul permasalahan yang semakin kompleks. Maka dari itu Perhimpunan Al Irsyad memandang perlu:

  1. Pertama, bagaimana agar di antara para da’i ini tidak terjebak dengan perbedaan pendapat yang terlalu tajam. Ada yang berpendapat Fatwa A, ada yang berfatwa B, C, dan seterusnya.
  2. Kedua, ada wadah untuk tempat bertemu dan berkumpulnya para da’i salafiyyin atau ahlussunah wal jama’ah. Di sinilah mereka dapat berdiskusi dalam keilmuan juga mengasah keilmuan mereka yang didapat di bangku perkuliahan atau pun duduk di majelis para Syaikh di Masjid Nabawi ketika itu.
  3. Ketiga, perlu adanya Fatwa yang utuh dan komprehensif bagi rakyat dan negeri Indonesia ini, yang ditinjau dari beberapa sisi dan beberapa bidang. Sehingga jika ada Fatwa yang terbit dari da’i di luar perkumpulan ini, paling tidak fatwa dari perkumpulan ustadz-ustadz ini menjadi Fatwa yang mendominasi cukup kuat bagi pegangan umat untuk dapat diamalkan.

Oleh karena itu, dipandang bahwa perlu adanya perkumpulan para da’i salafiyyin yang ahli di bidang masing-masing dalam satu majelis, dimana majelis ilmiyah ini diharapkan dapat menghasilkan fatwa-fatwa yang menjadi perhatian bagi perkara-perkara besar di situasi yang berkembang saat ini.

Maka dari itu Al Irsyad sebagai organisasi yang sudah ada sejak tahun 1914, menganggap perlu adanya Majelis Ilmiyah ini. Dengan pertimbangan:

  1. Pertama, Al Irsyad bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah atau manhaj Salafus Sholih.
  2. Kedua, Al Irsyad-lah yang pertama dalam merintis Pondok Pesantren yang bermanhaj Ahlussunah Wal Jamaah pada akhir tahun 1980-an. Ini ditandai dengan berdirinya Pondok Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran sebagai tonggak dengan metodologi pendidikan sesuai dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah, yang bermanhaj Salafus Sholih.

Seiring dengan banyaknya alumni dari Pesantren Al Irsyad Tengaran yang sudah berhasil lulus menjadi Doktor maupun Lc dan kemudian tersebar di seluruh Indonesia, dan dengan latar belakang organisasi resmi berbadan hukum, maka Al Irsyad memberanikan diri untuk membentuk Majelis Ilmiyah yang menampung da’i ahlussunnah wal jamaah tersebut. Di majelis ini, para ustadz dapat saling mengasah ilmu dengan memperjuangkan makalahnya. Dimana setiap makalah akan didiskusikan dan diperdebatkan oleh sesama asatidzah anggota Majelis.

Dewan Fatwa

Perhimpunan Al Irsyad

Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dewan Fatwa adalah lembaga independen yang berpegang teguh dengan manhaj Rasulullah ﷺ dan salaful ummah. Dewan Fatwa berisikan para ustadz-ustadz ahlussunnah wal jama’ah ala fahmi salaful ummah alumni timur tengah (Universitas Islam Madinah, Universitas Al Imam Riyadh, LIPIA Jakarta, Universitas Al Azhar), yang mana mereka memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan bidangnya masing-masing seperti Akidah, Fikih, Ushul Fikih, Hadits, Ilmu Waris. Dewan Fatwa memiliki andil besar dalam menjelaskan hukum-hukum syar’i kepada manusia.

Dewan Fatwa dibentuk pada hari Selasa, 18 Juli 2017 melalui rapat yang bertempat di kantor Perhimpunan Al Irsyad Jalan Kramat Raya no. 23 g-h, Jakarta Pusat. Awal mula pembentukan Dewan Fatwa hanya beranggotakan 8 personel yaitu:
Dr. Firanda Andirja, Lc, MA selaku ketua,
Nizar Saad Jabal Lc, M.Pd selaku sekretaris merangkap anggota,
dan anggotanya adalah :
Dr. Syafiq Riza Basalamah, Lc, MA,
Dr. Sofyan bin Fuad Baswedan, Lc, MA,
Dr. Muhammad Arifin Badri, Lc, MA,
Dr. Muhammad Nur Ihsan, Lc, MA,
Dr. Roy Grafika Penataran, Lc, MA, dan
Nafi’ Zainuddin BSAW, Lc, M.HI.

Kemudian di tanggal 25 Juli 2017, Dewan Fatwa kembali menambah anggotanya dengan kehadiran ustadz Khalid Basalamah Lc, MA, dan ustadz Dr. Musyaffa’ Addariny, Lc, MA. Selang beberapa hari tepatnya tanggal 1 Agustus 2017, Dr. Erwandi Tarmizi Lc, MA bergabung dengan Dewan Fatwa. Di tahun 2018 tepatnya di bulan Agustus tanggal 31, Ustadz Anas Burhanudin Lc, MA bergabung dengan Dewan Fatwa untuk semakin memperkuat dan menambah kesolidan Dewan Fatwa.

Dewan Fatwa memiliki agenda tiap 4 bulan sekali untuk mengadakan sidang Dewan Fatwa. Kota Surabaya mendapatkan kehormatan pertama kali untuk mengadakan sidang dewan fatwa yang pertama, selanjutnya kota Jakarta Pusat mendapatkan giliran menjadi tuan rumah sidang Dewan Fatwa kedua. Setelah 4 bulan, sidang ketiga dilakukan di kota Pekalongan, dan di tahun 2019 ini sudah diadakan tiga kali sidang yaitu sidang keempat di kota Bandung, sidang kelima di kota Batu, Malang, dan terakhir kali sidang keenam disidangkan di kota Solo, Jawa Tengah.

Pada setiap sidang dibahas permasalahan-permasalahan ummat Islam kekinian yang ditulis masing-masing ustadz dan diputuskan apakah pembahasan permasalahan tadi akan diterbitkan fatwanya atau ditunda untuk dilakukan revisi terlebih dahulu.

Ketua merangkap Anggota Dewan Fatwa

Tempat dan tanggal lahir: Solo, 7 Juli 1980

Riwayat Pendidikan:

  1. Mulazamah (non formal) dengan sejumlah masyayikh (murid-murid Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin) di Unaizah, Al Qassim, Arab Saudi, selama hampir 10 bulan (pulang th 2003)
  2. S-1 Fakultas Hadits & Dirosah islamiyyah (Universitas Islam Madinah), lulus Th 2007 dg IP 4,88 of 5,0
  3. S-2 Jurusan Ulumul Hadits, Fakultas Hadits & Dirosah islamiyyah (Universitas Islam Madinah), lulus th 2011 dg IP 4,91 of 5,00
  4. S-3 Jurusan Ulumul Hadits, Fakultas Hadits & Dirosah Islamiyyah (Universitas Islam Madinah), lulus th 2015, dg IP 4,99 of 5,00

Riwayat Organisasi:

  1. Sekretaris Organisasi Mahasiswa Indonesia selama dua periode (2005 & 2006)
  2. Pembimbing FORPEK (Forum Penulis Kreatif) Mahasiswa Univ Madinah, th 2010
  3. Pembina dlm Pelatihan Menjadi Penerjemah dan Penyiar Radio, untuk sejumlah mahasiswa Univ. Islam Madinah, th 2011
  4. Pembina FSI (Forum Silaturahmi Ilmiah) Solo, mulai 2015
  5. Penasehat Ma’had FIWA, Bogor, mulai 2017
  6. Pengawas Yayasan Sahabat Hafizh, Solo, mulai 2017
  7. Pembina Yayasan Ibnu Qayyim, Solo, mulai 2017
  8. Ketua Dewan Penasehat APSI (Asosiasi Properti Syariah Indonesia), mulai 2017
  9. Pembina KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia) Cab. Solo, mulai 2017
  10. Penasehat Pesantren Raudhatul Qur’an 1 Klaten, mulai 2018
  11. Ketua Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad, mulai 2018

Riwayat Pekerjaan:

  1. Pemateri dan Penyiar di Radio Kerajaan Arab Saudi, seksi Bahasa Indonesia selama 2 tahun (2008-2010) selanjutnya beralih menjadi penerjemah dan penyiar di Radio yg sama (2010-Sekarang)
  2. Sebagai penerjemah pada Badan Penyuluhan Haji Kementerian Agama Arab Saudi, tahun 2005 dan 2012. Selanjutnya sebagai da’I di lembaga dakwah non-pemerintah pada musim haji tahun 2006-2007
  3. Penerjemah Non Formal di Pengadilan Tinggi Medinah, Arab Saudi (satu kali)
  4. Pemateri dalam serial Tokoh Islam Terkemuka & narasumber dlm acara “Agar Syahadat Anda Tidak Sia-sia” di Salam TV (streaming)
  5. Pengasuh kolom Doa & Wirid serta Adab & Akhlak di majalah Pengusaha Muslim, sejak Februari 2012 sampai berhenti terbit
Wakil Ketua merangkap Anggota Dewan Fatwa
Tempat tanggal lahir: Semarang, 05 Agustus 1975 Riwayat Pendidikan:
  1. Pesantren Islam Al Irsyad Salatiga Jawa Tengah thn: 1995 M
  2. S1 Fakultas Syari’ah, Islamic University of Madinah, Saudi Arabia, thn: 1999
  3. S2 Jurusan Fiqih, Fakultas Syari’ah, Islamic University of Madinah Saudi Arabia, thn: 2004 M
  4. S3 Jurusan Fiqih, Fakultas Syari’ah, Islamic University of Madinah Saudi Arabia, thn 2010
Karya Ilmiah:
  1. Dzikir Ala Tasawuf (Pustaka Darul Ilmi).
  2. Kebangkitan Paham Abu Jahal, pustaka Darul Ilmi 2007.
  3. Sifat Perniagaan Nabi. Pustaka Darul Ilmi 2008
  4. Riba & Tinjauan Kritis Perbankan Syari’ah, Pustaka Darul Ilmi 2009.
  5. 12 Kiat Ngalap Berkah (Pustaka Darul Ilmi)
  6. Imunisasi Syari’at, Terobosan Inovatif Menangkal Berbagai Penyakit. Pustaka Darul Ilmi 2010
Narasumber Seminar:
  1. Menjadi Pengusaha Muslim Sejati di Gedung BPPT Jakarta , pada 1 Agustus 2010.
  2. Melanjutkan Perjuangan Mewujudkan Perbankan Syari`ah, di gedung BPPT pada tanggal 20 November 2010
  3. Pengusaha Muslim Sejati, di Hotel Lombok Raya Mataram, pada 25 November 2010.
  4. Prinsip Dasar Ekonomi Syari’ah, di hotel Harmoni One Batam, pada 12 Desember 2010
  5. Mu’amalah Perniagaan Dan Notaris Dalam Perspektif Islam, di Hotel Grand Alia pada 16 Januari 2011
  6. Menjadi Pengusaha Muslim Sejati, di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, pada 2 Februari 2011
  7. Alternatif Permodalan Dalam Islam, di Hotel Lombok Raya, Mataram pada 31 Maret 2011
  8. Seminar Sehari Meningkatkan Kinerja Dokter Muslim Dalam Era Kedokteran Modern: Peran Dokter Muslim, di Ruang Kuliah Ilmu Penyakit Dalam FKUI- RSCM, Jakarta, pada 16 April 2011
Sekretaris merangkap Anggota
Tempat tanggal lahir: Bangil, 12 November 1973 Riwayat pendidikan:
  1. SD: Madrasah Ibtidaiyah Bangil Pasuruan
  2. SMP: Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangil
  3. SMA: Madrasah Aliyah Negeri Bangil
  4. LIPIA Jakarta,
a. Program Bahasa Arab 2 tahun. b. Program Lanjutan Bahasa Arab 1 tahun. c. S1 Syariah.
  1. S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan Manajemen Pendidikan.
Anggota 
Tempat tanggal lahir: Teluk pauh – Pangean / 4 November 1973 Riwayat Pendidikan:
  1. SDN 21 Teluk Pauh, Pangean, Tamat Th. 1986
  2. MTs Pangean (Berafiliasi Dengan MTSN Pekan Baru), Tamat Th. 1989
  3. Ponpes At-Thawalib Padang Panjang -Sumbar, Tamat Th. 1993. MAN Gunung Padang Panjang -Sumbar, Tamat Th. 1993.
  4. Universitas Islam Madinah (Kuliah Dakwah Dan Ushuluddin) lulus Th. 1418/1419 H/ 1997/1998 M dengan predikat Cum laude. (S1)
  5. Universitas Islam Madinah (Jurusan Akidah), lulus th. 1424 M/2003 M dengan predikat Cum laude. (S2)
  6. Universitas Islam Madinah (Jurusan Akidah), lulus 1431 H/ 2010 M dengan predikat Cum laude. (S3)
Syaikh-Syaikh:
  1. Syaikh Abdul Muhsin Bin Hamad Al Badr -hafidzahullah- dalam kajian Syarah Sunan Abu Daud).
  2. Syaikh Dr. Sholeh Bin Sa’ad As-Suhaimi -hafidzahullah-.
  3. Syaikh Abdurrazzaq Bin Abdulmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah.
  4. Syaikh Ibrahim Bin Amir Ar-Ruhaily hafidzhullah.
Karya Ilmiah:
  1. شرح القصيدة التائية في القدر لشيخ الإسلام ابن تيمية، تألف العلامة نجم الدين سليمان بن عبد القوي الطوفي – دراسة وتحقيقا – (رسالة الماجستير / tesis) وقد طبعت. [Tesis]
  2. جهود علماء الشافعية في إنكار البدع في العبادات الأربع (الصلاة، الزكاة، الصوم والحج) – جمعا ودراسة- (رسالة الدكتوراه / Disertasi ).
  3. Akidah ahlus sunnah vs ahlul bid’ah tentang sahabat nabi (terjemahan) sudah dicetak.
  4. Ikhlaskan ibadahmu kepada allah (jerjemahan) sudah dicetak.
  5. Artikel artikel dan makalah makalah yang dimuat di sebagian majalah dakwah dan jurnal al majalis STDI
Anggota
Tempat tanggal lahir: Bantul, 1 Mei 1980 Riwayat Pendidikan:
  1. TK ABA Busuran (tahun 1986), Kretek, Bantul, Yogyakarta
  2. SD Kretek 1 (tahun 1986-1992), Kretek, Bantul, Yogyakarta
  3. SMP 1 Bantul (tahun 1992-1995), Bantul, Yogyakarta
  4. SMA 1 Yogyakarta (tahun 1995-1998), Yogyakarta
  5. PP. Al Furqan (tahun 1998-2000), Gresik, Jawa Timur
  6. Universitas Islam Madinah, Syu’batul Lughah (tahun 2000- 2001), Madinah, KSA
  7. Universitas Islam Madinah, S1 Fakultas Hadist (tahun 2001-2005), Madinah, KSA
  8. Universitas Islam Madinah, S2 Fakultas Dakwah Jurusan Aqidah (tahun 2005-2010), Madinah, KSA.
  9. Universitas Islam Madinah, S3 Fakultas Dakwah Jurusan Aqidah (tahun 2010-2017), Madinah, KSA.
Syaikh-Syaikh:
  1. Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-‘Abbâd
  2. Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Âmir ar-Ruhaili
  3. Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd
  4. Syaikh Prof. Dr. Muhammad bin Khalîfah at-Tamîmi
  5. Syaikh Dr. Sulaiman bin Salîmullah ar-Ruhaili
  6. Syaikh Dr. Shalih bin Sa’ad as-Suhaimi
  7. Syaikh Dr. Sulaiman as-Suhaimi
  8. Syaikh Dr. Shalih bin Abdillah Al-‘Ushaimi
  9. Syaikh Prof. Dr. Abdulqâdir ‘Atha Shûfi
  10. Syaikh Ahmad Hasan Asy Syinqîthi
  11. Syaikh Ubaidullah Al Afghâni
  12. Syaikh Thâha Muhammad
Karya Ilmiah:
  1. Al-Mabaahits al-‘Aqadiyyah al-Muta’alliqah bil Adzaan” (Pembahasan-Pembahasan Aqidah Yang Berhubungan Dengan Adzan) (Bahasa Arab)
  2. Firqah Islam Jamaa’ah –‘Ardhun wa Naqdun (Aliran Islam Jama’ah-Pemaparan dan Bantahan) (Bahasa Arab)
  3. Jalan Yang Selamat
  4. Silsilah Aqidah Bagian Pertama (Belajar Tauhid, Mengenal Allah, Mengenal Rasulullah, Mengenal Agama Islam)
Kegiatan Dakwah:
  1. Sejak tahun 2013-2017 M pada musim haji dan umrah bersama ustadz-ustadz yang lain diberikan penghormatan untuk bisa mengajar para jamaah haji dan umrah Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia.
  2. Pembina dan Pemateri HSI Abdullah Roy
  3. Dosen STDI Imam Syafi’I Jember
  4. Pengajar di Ma’had Al Furqan Gresik
  5. Anggota Dewan Fatwa Al Irsyad
Anggota
Tempat tanggal lahir: Pekanbaru, 30 September 1974 Riwayat pendidikan:
  1. D1 Persiapan Bahasa Arab LIPIA, 1994-1995
  2. S1 Syariah LIPIA, 1995-1999
  3. S2 jurusan Ushul Fiqh, Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, 2001-2005
  4. S3 jurusan Ushul Fiqh, Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, 2006-2011
Pengalaman Dakwah:
  1. Sekretaris, Rabithah Alam Islami, cabang Indonesia, Jakarta, 1999-2000.
  2. Supervisor Materi Keislaman Divisi Bahasa Indonesia situs www.islamhouse.com 2004-2006.
  3. Anggota tim pembuatan program e-book “Panduan Indeks Thesis dan Disertasi Fakultas Syariah”, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, 2006-2007
  4. Anggota tim pembuatan program e-book “Panduan Lengkap Muamalat”, Dewan Syariah, Bank Al Rajhi, Riyadh, 2007-2008.
  5. Manajer situs islam berbahasa indonesia www.islam-indo.org (2008-2009)
  6. Pengajar D2 Studi Islam di Kantor Dakwah Islam Rabwah (2003-2011), dan di Kantor Dakwah Islam Rawdhah (2010 -2011)
  7. Anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad
Narasumber:
  1. Pelatihan para da’i se-kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, penyaji materi “Fikih Kontemporer”, PPMI Arab Saudi & DDII Sum-Bar, di Simpang III, 20-27 juli 2003.
  2. Seminar “Terorisme dan Islam”, pemakalah “Konsep Jihad dalam Islam”, PPMI Arab Saudi, Madinah, 14 Syawal 1424H.
  3. Pelatihan para da’i se-Kodya Batam, Riau, penyaji materi “Langkah-langkah Pembuatan Konsep Khutbah dan Ceramah, pengumpulan dan pengolahan data, serta penulisan”, World Assembly Muslim Youth, Riyadh & Ikatan Da’i Se-kodya Batam, Wisma Haji Batam, 10-13 juli 2006.
  4. Seminar “Pemberdayaan Zakat Untuk Kesejahteraan Umat, PPMI Riyadh, Aula KBRI, Riyadh, 10 Oktober 2008.
  5. Seminar Internasional “Tarjamah As Sunnah Wa As Sirah An Nabawiyah (Al Waqi’, At Tathwir, Al Mu’awwiqat), pemakalah “Mu’awwiqaat Tarjamah Kitab Riyadhusshalihin Billughah Al Indonesiyyah Wa Subul At Taghallub ‘Alaiha Min Waqi’ At Tajribah”, Al Jam’iyyah Al Ilmiyyah As Su’udiyyah Lissunnah Wa ‘Ulumiha , Riyadh, 23-25 Shafar 1429H.
  6. Talk Show, “Krisis Ekonomi Global Dan Tinjaun Sistem Ekonomi Syariah”, ICMI Orsat Riyadh & KBRI Riyadh, Aula KBRI Riyadh, 13 November 2008.
  7. Pelatihan “Penulisan Karya Ilmiyah Bahasa Arab”, PPMI Arab Saudi, Riyadh, 2 April 2010.
  8. Pelatihan ilmu Waris (Faraidh), PPMI Riyadh, Aula Kantor Dakwah Rawdhah, Riyadh, 29 Oktober 2010.
  9. Pelatihan “Ekonomi Islam”, pemakalah “Jual Beli Uang Dan Saham Dalam Tinjauan Islam”, Keluarga Mahasiswa KSU, Riyadh, 17 Desember 2010.
  10. Seminar “Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Dunia Pendidikan”, pemakalah “Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Setiap Mata Pelajaran”, Keluarga Mahasiswa KSU, Riyadh, Aula Sekolah Indonesia Riyadh, 15 Agustus 2010.
Pelatihan yang pernah diikuti:
  1. Pelatihan “Keahlian Penerjemahan Tulisan dan Lisan”, Asiyah for Training Center, Riyadh, 17-20 Sya’ban 1426
  2. Pelatihan “Pengembangan Kepribadian”, EDAD Institute for Training, Riyadh, 2004.
  3. Kursus Bahasa Inggris, Basic- Intermediate Level, 2008.
  4. Pelatihan Komputer “Microsoft Word”, Riyadh, 2008.
  5. Pelatihan “Shina’atul Faqih (Mencetak Ahli Fiqh)”, bersama Dr. Sa’ad Asy Syatsri, Anggota Dewan Fatwa kerajaan Arab Saudi, Riyadh, 18-21 September 2011.
  6. Pelatihan “Muqadimah Fii Mashaarif Islamiyah (Pengantar Perbankan Syariah)”, bersama Dr. Muhammad Al Madhaji, (Kosultan Senior, Dewan Syariah Bank Al Rajhi), Riyadh, 24 November 2011.
Pengalaman Organisasi
  1. Ketua PPMI Arab Saudi, 2006-2008.
  2. Ketua Himpunan Mahasiswa Asia Pasifik, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, 2007-2009.
Karya Ilmiah:
  1. Penulis tetap kolom Fiqh Kontemporer, majalah “Manhajuna” Riyadh, 2003- sampai sekarang.
  2. Penulis tetap kolom Fiqh Muamalat Kontemporer & kolom Halal-Haram, majalah “Pengusaha Muslim”, Agustus 2011- sampai sekarang.
  3. Thesis : “Al Atsar Al Ushuly li Qaidah Isytirath Al Qudrah Lit Taklif”.
  4. Disertasi: “Tahqîq Mazhab Shafi’iyyah Fîmâ Ikhtalafu Fîhi Min Al Masail Al Ushuliyyah Fî Mabâhitsi Al Hukmi As Shar’i Wa Al Adillah “.
  5. Terjemahan buku “Sejarah Mekkah”, Darussalam for Publishing, Riyadh, 2003.
  6. Terjemahan buku “Sejarah Madinah”, Darussalam for Publishing, Riyadh, 2003.
  7. Terjemahan buku “Riyadhushshalihiin”, Darussalam for Publishing, Riyadh, 2004.
  8. Terjemahan buku “Tanda-tanda Hari Kiamat, Tinjaun Masa Depan Dunia Islam”, Qisthi Press, Jakarta, 2004.
  9. Terjemahan buku “Obat Penawar Sihir”, Islamic International for Publishing House, Riyadh, 2006.
  10. Terjemahan modul “Pengantar Fiqh Perbankan Islam”, Ma’had Al ‘Aly lil Qadhaa’, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, 2009.
  11. Harta Haram Muamalat Kontemporer, P.T. Berkat Mulia Insani, Jakarta, Februari 2012.
Anggota
Tempat tanggal lahir: Jember, 15 Desember 1977 Riwayat pendidikan:
  1. Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso Jawa, Timur
  2. S1 Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Islamic University of Madinah, Saudi Arabia.
  3. S2 Fakultas Dakwah, Islamic University of Madinah Saudi Arabia.
  4. S3 Fakultas Dakwah, Islamic University of Madinah Saudi Arabia.
Karya ilmiah:
  1. Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong
  2. Rumahku Masih Ngontrak
  3. Andai Aku Tidak Menikah Dengannya
Anggota
Tempat tanggal lahir: Temanggung, 30 November 1973 Riwayat Pendidikan:
  1. Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran, Semarang Jawa Tengah
  2. S1 Fakultas Ushuluddin, Al Azhar University, Cairo, Mesir.
  3. S2 Hukum Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Riwayat Pekerjaan:
  1. Direktur Pesantren Islam Al  Irsyad Tengaran
  2. Direktur Sekolah Imam Syaf’ii Pekanbaru
  3. Direktur Sekolah Al Fursan Bekasi
  4. Ketua Yayasan Menara Al Qur’an Temanggung
Anggota
Tempat Tanggal Lahir: 28 Februari 1980 Riwayat Pendidikan:
  1. TK: Bustanul Athfal Aisyiyah Beji, Tulung, Klaten, tamat 1986.
  2. SD: MI Muhammadiyah Beji, Tulung, Klaten, tamat 1992.
  3. SMP-SMA: KMI Ponpes Darussalam Gontor Ponorogo, tamat 1998.
  4. S1: Universitas Islam Madinah, Fak. Syariah, tamat 2003.
  5. S2: Universitas Islam Madinah, Fak. Syariah, Jurusan Fiqih, tamat 2008.
  6. S3: Sedang menempuh program S3.
Kegiatan: Dosen STDI Imam Syafi'i Jember. Pengalaman:
  1. Penjadi penerjemah dalam program Penyuluhan Jamaah Haji di Makkah dan Madinah dalam kurun 2002-2012.
  2. Mengajar di Masjid Nabawi, 2013-2014.
  3. Menjadi asisten dosen di Universitas Islam Madinah tahun 2012-2013.
Di Antara Guru Selama Belajar di Madinah.
  1. Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbad
  2. Syaikh Ibrahim ar-Ruhaili.
  3. Syaikh Sulaiman ar-Ruhaili.
  4. Syaikh Abdurrazzaq al-Badr.
  5. Syaikh Ali at-Tuwaijiri.
  6. Syaikh Shalih al-'Abud.
  7. Syaikh Shalih as-Suhaimi.
  8. Syaikh Muhammad asy-Syinqithi.
  9. Syaikh Abdul Malik al-Jazairi.
  10. Syaikh Mus'id al- Husaini.